Pentingkah Profil Desa Itu? - al segapuldes
Saturday 23 March 2019

Pentingkah Profil Desa Itu?


Profil desa/kelurahan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional khususnya pembangunan desa/kelurahan. Hal itu karena profil merupakan sumber data dan informasi tentang desa/kelurahan yang sangat akurat dimana disusun oleh pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat dan fokus pembangunan itu sendiri.

Perencanaan pembangunan tidak akan berarti tanpa adanya data dan informasi yang berasal dari profil desa/keluarahan. Profil desa/keluarahan itu sendiri disusun berdasarkan data dan informasi yang akurat, realistis, logis, dan up to date yang disusun dari paling bawah sampai dengan tingkat nasional.

Apalagi dengan kemajuan teknologi informasi, dimana profil desa/kelurahan dapat diakses melalui website Prodeskel akan lebih memudahkan masyarakat luas untuk mengetahui tentang apa yang ada di setiap desa/kelurahan.

Dasar hukum adanya penyusunan profil desa dan kelurahan yaitu Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemendagri No. 12 Tahun2007 tentang Pedoman Penyusunan Dan Pendayagunaan Data Profil Desa danKelurahan.

profil desa dapat dijadikan sarana untuk menggali data dan informasi yang akurat dan terkini mengenai desa dan kelurahan, serta menjadi media komunikasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Profil desa/kelurahan juga dapat dijadikan alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan serta sebagai sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan. 









0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 al segapuldes All Right Reserved