sejarah desa maringin jaya kec. parindu kab. sanggau - al segapuldes
Wednesday 27 February 2019

sejarah desa maringin jaya kec. parindu kab. sanggau

Desa Maringin Jaya merupaka Desa yang berada di kecamatan parindu. Bagian utara berbatasan langsung dengan Desa Kampuh dan Desa Upe Kecamatan Bonti, bagian timur berbatasan dengan Desa Dosan Kecamatan parindu, bagian Selatan berbatan dengan Desa Hibun Kecamatan Parindu dan di bagian barat berbatasan dengan Desa Rahayu Kecamatan Parindu.

Pada saat Desa Gaya lama (dengan sebutan Kampung) Desa Maringinterdiri dari 5 Kampung yaitu Kampung Sengoret, Kampung Luti, KampungEngkayuk, Kampung Tikas (Dusun semadu Sekarang)Kampung Tantang B.

Penduduk Desa Maringin Jaya adalah suku Dayak dan mayoritas beragama Kristen Katolik. Jarak Desa Maringin Jaya ke Pusat Kecamatan±16 Km, dengan jumlah dusun ada 6 (enam) yang terdiri dari Dusun Sengoret,Dusun Luti, DusunEngkayuk, Dusun SemaduDusunTantang B dan Dusun Tantang Dua.

berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Barat tentang penyatuan desa dalam rangka penataan kembali desa di Kalimantan barat maka digabunglah beberapa kampung yaitu Kampung Sengoret, Kampung Luti, Kampung Engkayuk, KampungTikas (Dusun semadu Sekarang)Kampung Tantang B menjadi Desa Maringin Jaya dan kata “MARINGIN” merupakan akronim dari MA=Mayau, RI=ribun, dan NGIN=tinging serta kata “JAYA” merupakan kata tambahan dengan maksud Desa tersebut bisa Berjaya kedepannya.

Sumber :
1. Kepala Desa Maringin Jaya Mansuetus Apendi;
2. Tokoh Masyarakat Desa Maringin Jaya.

2 comments:

Copyright © 2014 al segapuldes All Right Reserved