SEJARAH DESA LINTANG PELAMAN - al segapuldes
Wednesday 27 February 2019

SEJARAH DESA LINTANG PELAMAN


Desa lintang Pelaman terdiri dari 3 (Tiga) Dusun Lintang Pelaman, Engkalet dan Engkiting Dusun Engkiting (merupakan hasil Pemekaran dari Dusun Engkalet tahun 2012). Desa Lintang Pelaman merupakan Regroping Desa gaya lama yaitu Desa Lintang Pelaman dan desa Engkalet berdasarkan  PP NO. 79  tahun  1979  pada tahun 1986. Adapun yang pernah  menjabat sebagai Kepala Desa adalah Petrus Kimsui (1986-1998), Supinu (1999-2007), Lomon (2008-2013) dan Supinu (2014-2019). Untuk menjabarkan sejarah Dusun – Dusun tersebut diuraikan dibawah ini :

  Dusun Lintang Pelaman

Pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1914-an, ada 5 (Lima) Kepala Keluarga suku Dayak Pompangk berasal dari Lintang Lama, yaitu : M.Bayong’k Ae’k, Arel Rimu, Anor Ger, Muti Rimu, Deek Pelimau, Berdasarkan Dokumen yang ada sampai saat ini, ada penyerahaan penguasaan Wilayah dari Penembahaan Kerajaan Sanggau yang diserahkan oleh : Pangeran Gusti Muhamad Said Paku Negara kepada Dayak Pompang’k yang berada dalam sei. Mensogak. (surat wasiat tersebut diserahkan kepada Bapak M. Bayong’k Aek). Sejak dikeluarkannya surat tersebut mulai Tahun 1914 sampai sekarang tidak ada lagi di pungut Upeti dari Kerajaan Sanggau atas penguasaan Wilayah didalam Sungai Mensogak. Mereka mencari tempat tinggal yang cukup aman dan tempat bercocok tanam yang luas, sehingga akhirnya sampailah mereka pada sebuah tempat di dalam sungai Mensogak. Mereka mendirikan Polaman (Pondok). Akhirnya tempat tersebut dinamakan Polaman Lintang.

Dengan terus berkembangnya berbagai aspek kehidupan di Polaman Lintang tersebut, pada    awalnya disebut kampong Polaman Lintang berubah status menjadi Desa Lintang Pelaman (Desa gaya Lama) dan setelah adanya Regrouping Desa sesuai PP NO.79  tahun 1979 tahun 1986 menjadi Dusun Lintang Pelaman serta menjadi Ibukota Desa Lintang Pelaman secara administrative masuk wilayah Desa Lintang Pelaman. adapun batas Dusun Lintang Pelaman  :
Sebelah Barat
:
Dusun Sungai Kunyit, Desa Penyelimau
SebelahTimur
:
Dusun Rambin, Dusun Labak Desa Rambin
Sebelah Utara
:
Dusun Kayu Tunu Desa Sungai Muntik dan Dusun Lintang Kapuas Desa Lintang Kapuas
Sebelah Selatan
:
Dusun Engkalet Desa Lintang Pelaman

       Dusun Engkalet

Menurut perkiraan Sekitar tahun 1922 ada 5 (Lima) keluarga berasal dari Entakai: Padang, Aim, Kalong, Banseng, Apo masuk kesungai Biang dan di sungai Biangtersebutadaanaksungai yang bernamasemabuk di pinggir sungai semabuk tersebut ada anak sungai bernama sungai rosam mereka tinggal disitu ,(kurang lebih 3 Km) dari muara sungai Semabuk 5 (Lima) keluarga tersebut, membuat bagan (pondok/dangau) dan mulai membuka lahan pertanian. Seiring berjalannya roda kehidupan dengan adanya pertumbuhan penduduk yang semakin bertambah serta yang mengakibatkan lahan bertani semakin sempit, maka mereka mencari tempat lain untuk berpindah kesebuah tempat yang bernama Polaman Bindang (sebuah nama Kayu yang mirip dengan pohon kelapa yang Umbut dan buahnya bias dimakan dan daunnya bias untuk bahan atap) Setelah beberapa tahun menetap di tempat tersebut karena kurang merasa cocok maka mereka pindah lagi ketempat yang bernama Engkalet dan sampai saat ini menetap dan terjadi pertumbuhan penduduk yang sangat pesat, sehingga sebelum Regroping Desa seseuai PP No.79 tahun 1979 adalah Kampong Engkalet sebelum berubah menjadi Desa gaya lama.
Engkalet diambil dari nama Sungai Engkalet yang merupakan anak sungai mensogak dengan semakin bertambahnya pertambahan penduduk Engkalet yang dikenal dengan Kampong Engkalet berubah menjadi DesaEngkalet (gaya lama) dan pada tahun 1986 setelah pengabungan Desa sesuai PP No.79 tahun 1979, saat yang bersamaan berubah menjadi Dusun Engkalet, berbatasan dengan :
Sebelah Barat
:
Dusun Sungai Kunyit Dalam, Desa Penyalimau
SebelahTimur
:
Dusun Rambin Desa Rambin, Dusun Biang Poring Desa Tapang Tinggang Kabupaten Sekadau.
Sebelah Utara
:
Dusun Lintang Pelaman Desa Lintang Pelaman
S
ebelah Selatan
:
Dusun Sebude Desa Kuala Rosan Kecamatan Meliau dan Dusun Biang Poring Desa Tapang Tingang Kec. Nanga Taman Kabuapten Sekadau


            DusunEngkiting

Penduduk aslinya berasal dari Dusun Engkalet. Dengan adanya pemekaran Dusun Engkalet tahun 2012 dan membentuk Dusun Baru yang disebut dengan Dusun Engkiting. Engkiting diambil dari nama sebuah sungai yang bernama Sungai Engkiting merupakan anak dari Sungai Mensogak. Yang pernah menjabat sebagai kepala Dusun I (Pertama) Yaitu : Florianus Agoi (2012-2014). Kepala Dusun Ke II (dua) Mateus Rujau (2014-2015) Kepala Dusun III (tiga) Yus 2015 sampai sekarang (Tahun 2016) yang berbatasan dengan:
Sebelah Barat
:
Dusun Engkalet Desa Lintang Pelaman
Sebelah Timur
:
Dusun Rambin Desa Rambin
Sebelah Utara
:
Dusun Lintang Pelaman Desa Lintang Pelaman
Sebelah Selatan
:
Dusun Biang Poring Desa Tapang Tinggang
Kecamatan Nanga Taman. Kabupaten Sekadau

1 comments:

Copyright © 2014 al segapuldes All Right Reserved