sekilas tentang desa dosan - al segapuldes
Friday 6 September 2019

sekilas tentang desa dosan

Secara Historis Desa Dosan merupakan Salah Satu Desa Yang Berada di Bagian Utara Kecamatan Parindu dan Berbatasan dengan  Desa Upe Kecamatan Bonti di Sebelah Utara dan Desa Sungai Mawang Kecamatan Kapuas di sebelah Timur, Desa Hibun Kecamatan Parindu di Selatan dan Desa Maringin Jaya Di Barat.
Adapun penduduk yang tinggal di wilayah Desa Dosan merupakan Suku Dayak Dosan dan Menganut agama Kristen. Kampung asli Dosan berada di Sebongkang sekarang merupakan Dusun Balai Dosan Desa Bahta Kecamatan Bonti. pada masa kerajaan banyak masyarakat yang barada di kampung balai dosan yang terletak di tepi sungai sekayam berpindah ke kampung Gok Nala hal ini disebabkan karen pada masa itu ada seorang raja yang menguasai wilayah tersebut minta upeti berupa beras yang utuh tidak boleh patah satu butir pun kepada masyarakat.

Karena lokasi berladang yang jauh dari kampung banyak masyarakat yang membuat pelaman (pondok ladang) diladangnya masing-masing namun ada juga pondok-pondok ladang yang saling berdekatan antara satu dengan yang lain sehingga membuat perkampungan baru seperti kampung Sepaya, Kampung Kopar, Kampung Ensoyong, Kampung Emperiuk dan Kampung Gok Tanjung dan setiap kampung mempunyai kepala kampung. Kampung Gok Nala Dikepalai Oleh Darius Jamin, Kampung Gom Tanjung dikepalai oleh Aripin ale, Kampung Emperiuk dikepalai oleh Andreas Ajong, Kampung Kopar dikepalai oleh Golol, Kampung Ensoyong dikepalai oleh Engkaik dan Kampung Sepayan dikepalai oleh Doras.

Pada tahun 1987 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Barat tentang penyatuan desa dalam rangka penataan kembali desa di Kalimantan barat maka digabunglah beberapa kampung yaitu kampung Sepaya, Kampung Kopar, Kampung Ensoyong, Kampung Emperiuk dan Kampung Gok Tanjung menjadi Desa Dosan Hingga Saat ini dan Nama Dosan diambil dari nama seorang gadis yang bernama Dosan.


Sumber :
  1. Kepala Desa Dosan Ligeh;
  2. Sekretaris Desa Dosan H.Minggu;
  3. Nimrod Delesep.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 al segapuldes All Right Reserved