gambaran umum desa tapang dulang kec. kapuas kab. sanggau - al segapuldes
Wednesday 27 February 2019

gambaran umum desa tapang dulang kec. kapuas kab. sanggau


Wilayah Desa Tapang Dulang Secara geografis Dilihat dari ketinggian wilayah Desa Tapang Dulang pada, 30 mil. dari permukaan Laut dengan curah hujan rata-rata 3184 mm / tahun, serta suhu rata-rata perttahun 26 s/d 36 ᵒc dengan kelembaban udara-udara rata-rata 70 s/d 85 % pertahun.
Secara administratif Desa Tapang Dulang terletak di wilayah Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Wilayah Desa Tapang Dulang secara administratif dibatasai oleh wilayah desa-desa tetangga. Disebelah Utara berbatasan dengan Desa penyelimau Kecamatan, Kapuas, Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Pampang Dua Kecamatan, Meliau. Dan Desa Kuala Rosan Kecamatan Meliau ,Disisi Barat Berbatasan dengan Desa Penyelimau Kecamatan Kapuas. Disebelah Timur berbatasan dengan Desa Penyalimau Kecamatan Kapuas.

Luas wilayah Desa TapangDualng sebesar 12,81 Km2 atau 1.281 Ha,  Luas lahan yang terbagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikelompokan seperti untuk fasilitas umum, pemukiman, pertanian, kegiatan ekonomi dan lain-lain. Luas lahan yang diperuntukan fasilitas umum adalah sebagai berikut : Luas tanah untuk Jalan (+-)2,199 Ha, Tanah untuk bangunan umum 8,11 Ha, Luas lahan untuk pemakaman 1.5 Ha , Sedangkan untuk aktifitas pertanian dan penunjangnya terdiri dari : lahan ladang seluas 2,200 Ha, lahan Perkebunan seluas 143.86 Ha Kehutanan 712,71 Ha.
Wilayah Desa Tapang Dulang terdiri dari 2 Dusun yang dapat dikelompokan dalam 2 wilayah Pembangunan, Yaitu wilayah  1 Dusun Tantang Jaya dan wilayah 2 Dusun Kerowet Permai. Digunakan istilah wilayah Pembangunan untuk pembagian kelompok-kelompok Dusun yang saling berdekatan, lebih untuk mempermudah pemerintahan desa dalam menjalankan kegiatan-kegiatan pemerintahan desa.
Kedua Wilayah Pembangunan tersebut , meliputi :
Wilayah Pembangunan I
Terdiri dari 2 Rukun tetangga(RT) tersebar di 1 Dusun.
  1. Dusun Tantang Jaya dengan 2 RtD
  2. DusunKarowet Permai  dengan 3 Rt

1 comments:

  1. Teringat masa kecil yg hampir setengah masa nya habis di desa ini, bersama teman" kecil saya penduduk asli,gunung tunggal, sungai kijang, sakadua, SDN75. Ahhh kenangan itu hadir kembali, 1995-2000 waktu yg cukup lama untuk menghabiskan masa kecil yg sampai kini masih teringat jelas,, terimakasih blogger,telah menghadirkan kenangan itu

    ReplyDelete

Copyright © 2014 al segapuldes All Right Reserved